Pengertian dan sejarah Kaos Oblong atau Kaos Polos

pengertian dan sejarah kaos polos di dunia

Pengertian dan Sejarah Kaos, Tshirt, Tees, Kaos Oblong dan Kaos Polos

pengertian dan sejarah kaos dunia

Pengertian Kaos Polos atau Kaos Oblong

dunia clothing – Pengertian dan Sejarah Kaos Polos, Kaos, T-shirt, Tees, Kaos Oblong dan Kaos Polos adalah jenis baju atau pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaos Oblong tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Berbeda sebutan dengan Kaos Polo yang mempunyai kancing di bagian atas, kerah, dan kadang memiliki saku.

Kaos Oblong bisa dipakai untuk wanita dan pria serta dapat digunakan untuk semua golongan usia, mulai dari bayi, remaja, hingga orang dewasa. Kaos Oblong awalnya digunakan sebagai pakaian dalam guna menyerap keringat agar tidak menembus ke pakaian luar, namun sekarang Kaos Oblong tidak lagi hanya digunakan sebagai pakaian dalam tetapi juga digunakan sebagai pakaian sehari-hari bahkan untuk menghadiri dan berkumpul dalam sebuah acara non resmi.

Pada awalnya, Kaos Oblong berlengan pendek dan berbentuk bulat di bagian leher (O-neck). Dewasa ini Kaos Oblong sudah banyak di modifikasi bahkan ada yang berbentuk V-neck di bagian leher. Material kain / bahan Kaos Oblong yang umum digunakan adalah dari bahan Katun / Cotton atau Polyester dan juga gabungan dari keduanya.

Pengertian dan Sejarah Kaos serta Perkembangan Kaos Polos

pengertian dan sejarah kaos artis

Kaos Oblong yang digunakan sebagai pakaian luar ini mulai populer dan dikenal secara luas pada tahun 1947, saat dipakai oleh bintang film Marlon Brando, pada pentas teater “A Streetcar Named Desire” di Broadway, Amerika. Akan tetapi merunut sejarah awalnya, Kaos Oblong  atau dikenal pada saat itu sebagai T-Shirt, sudah digunakan sebagai pakaian dalam bagi tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20 dan Kaos tersebut hanya berwarna putih.

Pada saat pentas teater itu, T-shirt atau Kaos Oblong yang dikenakan berwarna abu-abu dan begitu pas serta lekat di tubuh Marlon Brando, serta dianggap sesuai dengan karakter tokoh yang diperankannya, apalagi Kaos warna abu-abu tersebut ada beberapa bagiannya yang sobek dan bagian bahunya agak sedikit terbuka, dan saat itulah tercipta Kaos Oblong dengan warna selain warna putih.

Kaos Oblong semakin populer saat dipakai oleh James Dean dalam film “Rebel Without A Cause” pada tahun 1955 yang langsung menjadi trend fenomenal di fashion dunia. Pada waktu itu banyak orang kagum terutama kalangan anak muda karena menganggap Kaos Oblong sebagai lambang kebebasan anak muda. Meskipun banyak juga yang protes karena Kaos Oblong dinilai tidak sopan dan tidak beretika jika digunakan sebagai busana luar, serta beranggapan bahwa pemakaian Kaos Oblong tersebut termasuk kurang ajar dan serupa dengan pemberontakan.

pengertian dan sejarah kaos polos

Namun polemik tersebut justru menaikkan popularitas Kaos Oblong akibatnya beberapa perusahaan konveksi malah bersemangat guna memproduksinya. Banyak perusahaan konveksi mulai berproduksi dan mengembangkan Kaos Oblong dengan berbagai bentuk dan warna. Popularitas Kaos Oblong makin menanjak saat Marlon Brando sendiri yang menjadi bintang iklan produk Kaos Oblong dari salah satu perusahaan tersebut, saat itu Marlon Brando dalam iklannya menggunakan Kaos Oblong yang dipadu dengan celana jins dan jaket kulit.

Pada tahun 1961 sebuah organisasi “Underwear Institute” (Lembaga Pakaian Dalam) menuntut agar Kaos Oblong diakui sebagai baju sopan seperti halnya baju-baju lainnya. Mereka mengatakan bahwa Kaos Oblong juga merupakan karya busana yang telah menjadi bagian dari budaya mode.

Ulasan diatas adalah Pengertian dan Sejarah kaos Oblong atau Kaos Polos..

Ulasan Trend Kaos Oblong di dunia.., lanjut ke page -2